Tips cara pasang keramik lantai

Tips cara pasang keramik lantai - Hai Milineal Design Rumah Minimalis,Kami Menyajikan artikel title " Tips cara pasang keramik lantai", Artikel ini sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan informasi mengenai design rumah Artikeltips, yang kami sajikan semoga berguna bagi pembaca sekalian



Judul : Tips cara pasang keramik lantai
link : Tips cara pasang keramik lantai

Look Also


Tips cara pasang keramik lantai

Tips cara pasang keramik lantai

Gunanakan tips cara pasang keramik lantai berikut, jika anda ada pasangan keramik. Tips pasang keramik berikut bisa diaplikasikan baik untuk pasang keramik dinding biasa atau pasang keramik diagonal pasang keramik diatas keramik (biasanya karena lantainya terlalu rendah dari badan jalan ataupun bisa juga karena banjir. Tips cara pasang lantai keramik adalah sebagai berikut :


1. Padatkan tanah (untuk lantai dasar) bisa menggunakan tumbuk manual ataupun stemper, jangan lupa diatas tanah untuk memudahkan level ditambah pasir sekitar 1-2 cm, levelkan dengan selang air ( untuk yang modern ada water pass digital).

2. Pasang benang sesuai level yang telah diukur. Setelah itu bisa dilakukan rabatan / lantai kerja. Ada juga yang tidak pakai rabatan / lantai kerja ( maksudnya supaya ngirit dan lebih cepat ) tapi cara ini tidak direkomendasikan, karena biasanya pemadatan bawah keramik kurang sempurna.

3. Hasil rabatan / lantai kerja seperti pada gambar 1. Setelah rabatan / lantai kerja kering atau minimal 3 hari setelah proses pembuatan lantai kerja, setelah itu levelkan lagi diatas lantai kerja, setelah level
tarik benang untuk ketinggian pasangan keramik.

4. Pasa saat pemasangan benang untuk pasangan keramik, pastikan posisi benang sesuai dengan motif pasang keramik yang direncanakan. Contoh keramik lantai rumah biasa yang akan diseting seperti gambar 2. Jika anda ingin pasang keramik diagonal, pastikan benang telah diseting untuk pasang keramik diagonal.

5. Beri adonan semen pasir dengan campuran 1 : 3, dan pastikan campuran semen pasir menyatu sempurna. gambar 3.

6. Ratakan adonan semen sampai batas ketinggian keramik yang akan dipasang. Gambar 4.

7. Pasang keramik dengan sedikit ditekan-tekan dengan telapak tangan. Gambar 5.

8. Atur sudut-sudut keramik dengan potongan balok ( lebih baik gunakan palu kepada karet) dengan sedikit ditumbuk-tumbuk sambil mengatur posisi keramik. Gambar 6.

9. Setelah keramik terpasang sempurna, bersihkan sisa-sisa adonan semen dengan spon ataupun kain lap.

10. Setelah keramik terpasang, tunggu minimal tingga 3 hari baru bisa dilakukan pengenatan antar sambungan keramik.

11. Selesai.

Cara memasang lantai keramik pada prinsipnya sama dengan pemasangan keramik dinding, bedanya kalo pemasangan keramik dinding adonanya hanya semen + air saja. Jika memasang keramik dinding
keramik dinding pastikan dilot dulu tegakannya, anda bisa menggunakan lot manual untuk mengatur ketegakannya. Contoh keramik dinding bisa lihat di motif keramik kamar mandi dilink tautan.


Contoh keramik rumah pada gambar terlampir adalah model pasang keramik model pasang keramik biasa atau horisontal, motif keramik lantai horisontal ini umum dipakai. Motif keramik lantai ruang tamu yang umum juga horisontal walaupun tidak sedikit juga motif keramik lantai ruang tamu menggunakan motif diagonal.

Biaya pasang keramik antara Rp.30.000,- - Rp.50.000,-, biaya borongan pasang keramik tersebut tergantung luasan pasangan keramik. Biaya pemasangan keramik akan semakin murah jika misalnya luasan pasangan keramik diatas 100m2, dan upah pasang keramik semakin mahal bila luasan sedikit atau pasangan keramik berada dilantai dua. Bisa juga anda menggunakan jasa pasang keramik harian, tukang pasang keramik harian dengan kerja santai bisa mendapatkan sekitar 5-7m2/hari dengan asumsi hanya bekerja sendiri dan berada dilantai dasar. Harga dasar ongkos pasang keramik ini tentu berbeda ditiap daerah, tetapi dengan dasar kemampuan pasang tukang perhari, maka anda bisa memperkirakan borongan harga pasang keramik.

Motif keramik lantai ruang tamu umumnya polos, kotak-kotak atau kembangan. Untuk keramik lantai motif kayu biasanya dicar port / garasi, biasa juga dipasang difoot step atau trap tangga sebelum masuk rumah. Harga ubin keramik dengan motif motif yang berbeda bila merk sama sebenarnya kurang lebih saja, harga ubin keramik murah antara Rp.50.000,- - Rp.70.000,- untuk ukuran 30x30,
harga keramik lantai 40x40 antara Rp.70.000,- - Rp.100.000,- tergantung motif dan merk.

cara pasang keramik lantai
gambar 1. cara pasang keramik lantai
pasangan keramik
gambar 2. pasangan keramik
model pasang keramik
gambar 3. model pasang keramik
motif keramik lantai ruang tamu
gambar 4. motif keramik lantai ruang tamu
contoh keramik rumah
Gambar 5. contoh keramik rumah
teknik pasang keramik

Comments